Texaco : Masalah Ekuador “ETIKA PROFESI AKUNTANSI”

Posted: Januari 19, 2014 in Uncategorized

Texaco : Masalah Ekuador

            Pada tahun 1964, atas undangan pemerintah Ekuador, Texaco inc. memulai operasi melalui anak perusahaan, TexPet, di wilayah amazon Ekuador. Tujuan dari proyek ini adalah untuk “mengembangkan sumber daya alam Ekuador dan mendorong kolonisasi daerah ini.” texpet adalah pemilik minoroty proyek dan mitra kerjanya adalah Petroecuador, yang compani minyak milik pemerintah.

Selama tahun sejak 1968 hingga 1992, konsorsium diekstrak 1,4 milyar barel minyak dari operasi Ekuador. Ekuador manfaat sangat selama periode ini. Ekuador menerima sekitar 98 persen dari semua uang yang dihasilkan oleh konsorsium dalam bentuk royalti, pajak, dan pendapatan. sama sekali, jumlah ini mewakili lebih dari 50 persen dari produk nasional bruto Ekuador selama periode itu.

Texpet operasi selama bertahun-tahun menyediakan lapangan kerja bagi 40 karyawan dan sekitar 2000 pekerja kontrak, sehingga menguntungkan hampir 3000. Keluarga Ekuador langsung, di samping ribuan warga Ekuador yang dipasok kebutuhan perusahaan untuk barang dan jasa. juga, texpet membuat kontribusi yang signifikan terhadap Guayaquil, Quito, dan politeknik Loja dan instituation lain pendidikan tinggi. minyak di-industri sumber kehidupan Ekuador tahun $ 1 milyar per yang bertanggung jawab atas 50 persen dari pendapatan ekspor dan 62 pf persen anggaran fiskal.

Sayangnya, masalah juga muncul. meskipun Petroecuador mengakuisisi 100 persen kepemilikan pipa transecuadorian pada tahun 1986, texpet masih menyumbang 88 persen dari seluruh produksi pipa minyak dan dioperasikan pada tahun 1987 ketika pecah dan dikuburkan oleh tanah longsor. Tumpahan dari 16,8 juta galon terjadi, yang Texaco disebabkan oleh gempa bumi besar yang melanda Ekuador.

Tumpahan ternyata terjadi juga meskipun Texaco menarik diri dari konsorsium pada tahun 1992 secara keseluruhan (setelah mengundurkan diri untuk menjadi mitra minoritas diam pada tahun 1990), tiga tuntutan yang diajukan terhadap dalam aquinda-bersatu menyatakan (November 1993), sequihua yang (Agustus 1993), dan Jota (dalam 19940. pribumi yang meluncurkan tuntutan hukum menuduh bahwa, selama dua dekade pengeboran minyak di amazon itu, Texaco membuang lebih dari 3000 galon minyak mentah sehari-jutaan galon total-ke lingkungan. Masyarakat adat mengatakan sungai mereka, sungai, dan danau sekarang terkontaminasi, dan ikan dan liar game yang pernah dibuat pasokan makanan mereka sekarang hancur tanya mereka. Dalam gugatan yang Texaco kompensasi mereka dan membersihkan perairan landand mereka.

Aquinda maria mengatakan bahwa bentuk air yang terkontaminasi sumur minyak di dekatnya dibor oleh anak perusahaan Texaco menyebabkan dia menderita ilments perut kronis dan ruam yang dapat ia kehilangan sejumlah babi dan ayam. aquinda dan 76 warga Amazon lainnya mengajukan gugatan $1.500.000.000 di New York terhadap Texaco. Gugatan class action, mewakili 30.000 orang, lebih lanjut menuduh Texaco yang bertindak “dengan mengabaikan berperasaan untuk kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan dari penggugat” dan bahwa “skala besar pembuangan limbah berbahaya tidak diobati dan perusakan habitat hutan hujan tropis, merugikan masyarakat adat dan harta benda mereka, “menurut tindakan kelompok Ekuador lingkungan hidup ekologis, Texaco menghancurkan lebih yang 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).

Audit dilakukan untuk mengatasi dampak operasi pada tanah, air, dan udara dan untuk menilai kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, peraturan, dan praktek yang berlaku umum operasi. dua diakui secara internasional dan perusahaan konsultan independen, AGRA bumi & lingkungan. dan Ekskutif di Fugro-McClelland, melaksanakan audit di Ekuador. Masing-masing secara independen menyimpulkan bahwa texpet bertindak secara bertanggung jawab dan bahwa tidak ada dampak lingkungan abadi atau signifikan dari operasi bekas. Meskipun demikian, texpet setuju untuk memperbaiki dampak yang terbatas dan lokal disebabkan operasinya. pada 4 Mei 1995, menteri Ekuador energi dan tambang, presiden Petroecuador, dan texpet sidned kontrak untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan lingkungan dan pelepasan dari kewajiban, tanggung jawab, dan klaim berikut negosiasi dengan pejabat pemerintah Ekuador mewakili kepentingan kelompok-kelompok adat di Oriente tersebut. dalam upaya pemulihan, memproduksi sumur dan lubang sebelumnya digunakan oleh texped ditutup, menghasilkan sistem air telah diubah, dibersihkan tanah tersebut ditanam kembali, dan tanah terkontaminasi adalah direhabilitasi.

Semua tindakan yang diambil telah diperiksa dan disertifikasi oleh pemerintah Ekuador. Tambahan, texped mendanai program-program sosial dan kesehatan di seluruh wilayah operasi, seperti apotik medis dan limbah dan sistem air minum. Kontrak yang melunasi seluruh klaim oleh Petroecuador dan Republik Ekuador melawan afiliasi untuk semua hal yang timbul dari operasi konsorsium.

Pada musim panas 1998, proyek remediasi $ 40 juta diselesaikan, pada 30 September 1998, Ekuador menteri energi dan pertambangan, presiden Petroecuador, dan manajer umum petroproduccion menandatangani rilis final klaim dan pengiriman peralatan. Dokumen ini menyelesaikan persetujuan pemerintah Ekuador pekerjaan rehabilitasi lingkungan texpet dan lebih lanjut menyatakan bahwa texpet sepenuhnya mematuhi seluruh kewajiban yang ditetapkan dalam perjanjian remediasi ditandatangani pada tahun 1995.

Sementara itu, di negara-negara bersatu, Texaco membuat argumen berikut melawan tiga tuntutan hukum:

  • Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.
  •  Kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja-yang Ekuador Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.
  • Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.
  • Semua kegiatan dilakukan dengan andapproval pengawasan dari pemerintah Ekuador.
  • Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.
  • Kesehatan Ekuador meningkat selama Texaco tahun adalah di Ekuador.
  • Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari PDB selama periode tersebut.
  • Pekerjaan disediakan untuk 2.800
  • Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.
  • Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.
  • Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.
  • Pengadilan tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

Tiga tuntutan hukum dipecat untuk sama-sequihua alasan pada tahun 1996, dan Jota pada tahun 1997. Gugatan aquinda, misalnya, diluncurkan di New York (dimana Texaco memiliki kantor pusat badan) karena Texaco tidak lagi memiliki bisnis di Ekuador dan tidak bisa digugat di sana. kasus ini ditolak oleh pengadilan New York pada November 1996 atas dasar bahwa hal itu harus didengar di Ekuador. gagal itu, pemerintah harus Ekuador telah terlibat dalam kasus tersebut juga, atau bahwa kasus harus telah diajukan terhadap pemerintah dan Petroecuador milik negara serta Texaco. Pada saat itu pemerintah Ekuador tidak terlibat dan mengajukan banding atas keputusan tersebut. ini adalah pertama kalinya pemerintah asing telah menggugat sebuah perusahaan minyak AS di Amerika Serikat untuk kerusakan lingkungan. selain itu, pada tahun 1997, para penggugat dalam aquinda dan kasus-kasus Jota juga mengajukan banding keputusan pengadilan distrik tersebut.

Pada 5 Oktober 1998, pengadilan banding AS dikirim kembali kedua kasus ke pengadilan distrik untuk dipertimbangkan lebih lanjut pada apakah mereka harus procced di Ekuador atau amerika serikat. pengajuan tertulis diajukan pada 1 Februari 1999. Texaco telah lama berpendapat bahwa tempat yang tepat untuk kasus ini adalah karena Ekuador penghasil minyak operasi berlangsung di Ekuador di bawah kontrol dan pengawasan pemerintah Ekuador dan pengadilan Ekuador telah mendengar kasus serupa terhadap perusahaan lain. itu adalah posisi Texaco bahwa US pengadilan shouold tidak mengatur kegiatan negara-negara bersatu. pada kenyataannya, Texaco mengklaim duta Ekuador, perwakilan resmi pemerintah Ekuador, dicatat dalam sebuah surat kepada pengadilan distrik bahwa Ekuador tidak akan membebaskan kekebalan kedaulatannya.

Meskipun argumen Texaco, kasus itu dikirim kembali ke pengadilan yang melemparkannya keluar, atas dasar bahwa pemerintah Ekuador memang memiliki hak untuk campur tangan. pertanyaan apakah kasus tersebut bisa dicoba di Amerika Serikat atau Ekuador dalam keadaan sekarang akan diputuskan. Texaco mengklaim bahwa ia telah melakukan yang memadai untuk memperbaiki kerusakan apapun dan sengketa keabsahan ilmiah dari klaim amazonians (atau pendukung mereka) tampaknya memiliki sumber daya untuk terus memerangi ini gugatan di pengadilan.

 

PERTANYAAN

  1. Mungkinkah masyarakat Ekuador mampu menuntut Texaco di pengadilan AS?
  2. Seandainya tumpahan minyak disebabkan oleh tindakan Tuhan, serta gempa bumi, apakah Texaco harus bertanggung jawab?
  3. Apakah anda menemukan argumen Texaco mengenai melawan tuntutan hukum? mengapa dan mengapa tidak?

 

JAWABAN

  1. Ya, ekuador harus menuntut texaco. Karena Texaco menghancurkan lebih dari 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).
  2. Ya, texaco harus bertanggung jawab. Karena walaupun tumpahnya minyak bukan karena kesalahan procedur dalam pengelolaan minyak milik texaco, tetapi kerusakan lingkungan yang terjadi akibat tumpahnya minyak tersebut. Gempa bumi tidak akan menyebabkan keracunan limbah atau tanah yang terkontaminasi dan berbagai macam permasalahan lingkungan yang terjadi di ekuador, tapi semua itu terjadi karena tumpahnya 74 juta liter minyak.
  3. Ya. Argumen texaco yang melawan tuntutan hukum pemerintah negara-negara yang bersatu antara lain :
  • Texaco sudah melakukan Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.
  • Kegiatan industri dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja Ekuador. Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.
  • Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.
  • Semua kegiatan dilakukan dengan persetujuan dan pengawasan dari pemerintah Ekuador.
  • Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.
  • Kesehatan masyarakat Ekuador meningkat selama Texaco berdiri di Ekuador.
  • Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari GDP selama periode tersebut.
  • Pekerjaan disediakan untuk 2.800.
  • Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.
  • Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.
  • Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.
  • Pengadilan amerika serikat tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

 

ANALISIS

            Menurut kelompok kami, hal ini merupakan sebuah kasus pelanggaran yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan terutama dalam aspek pencemaran lingkungan. Jika dilihat dari sisi masyarakat sekitar, tentu pencemaran ini sangat merugikan bagi kelangsungan hidup mereka, karena sungai-sungai tempat mereka mencari makan dan beraktivitas kini telah tercemar oleh limbah perusahaan Texaco inc. Memang perusahaan ini tadinya mempunyai maksud dan tujuan yang baik yaitu mereka ingin mengembangkan sumber daya alam Ekuador dan mendorong kolonosasi wilayah ini, tetapi mereka kurang memikirkan secara detail mengenai aspek-aspek penting yang sekiranya bisa merugikan pihak lain terutama dalam aspek lingkungan. Pemilihan  lokasi penambangan yang baik seharusnya tidak melibatkan pihak masyarakat. Lapangan pekerjaan yang sekiranya diperuntukkan masyarakat sekitar malah membuat petaka yang besar terhadap lingkungan tersebut.

Pengolahan sumber daya alam khususnya pengeboran minyak yang dilakukan oleh perusahaan Texaco Inc kurang memilih peralatan yang baik untuk melakukan pengeboran tersebut. Pencemaran yang terjadi murni akibat kecerobohan pekerja tambang, peralatan tambang yang sudah tidak layak pakai, tersebut dan bukan disebabkan oleh bencana alam. Pencemaran ini membuat kontaminasi terhadap sungai-sungai dan danau di Amazon. Masyarakat menuntut perusahaan tersebut agar bertanggung jawab terhadap pencemaran yang dilakukannya tersebut.

Sebuah organisasi san Fransisco mengatakan bahwa produksi tanaman di daerah menjadi sedikit, invasi tanah masyarakat, banyaknya peleceahan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan ternak yang diburu oleh pekerja tambang tersebut. Ekskutif di Fugro-McClelland, melaksanakan audit di Ekuador. Audit dilakukan untuk mengatasi dampak operasi pada tanah, air, dan udara dan untuk menilai kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, peraturan, dan praktek yang berlaku umum dalam operasi. Hal ini diakui secara internasional oleh perusahaan konsultan independen, AGRA bumi & lingkungan.

Masing-masing secara independen menyimpulkan bahwa Texaco Inc. bertanggung jawab atas semua kerugian dan menyatakan bahwa tidak ada dampak lingkungan panjang atau signifikan dari bekas operasi tersebut.

textz og:��a �Fa ine-height:150%’>Duncan sebagai mitra AA tidak menghentikan keputusan yang cacat karena Duncan merasa tidak mampu menolak mitra pengendali kualitas atas keinginannya sendiri, mungkin Duncan merasa posisi dia dalam kemitraan tersebut tidak bisa menunjang atau merasa tidak mempunyai hak untuk berpendapat.

  1. Haruskah semua pekerja Arthur Andersen menderita atas tindakan atau kelambanan tindakan yang disebabkan oleh kurang dari 100 orang? Manakah personel Arthur Andersen yang seharusnya dituntut?

Jawab  :

Tidak, karena ini bukan salah mereka. Namun karena masalah enron ini yang melibatkan AA, semua anggota AA terkena imbasnya dan mengakibatkan mereka kehilangan kepercayaan dari masyarakat. Dari kasus ini yang seharusnya dituntut adalah orang-orang yang terlibat langsung pada masalah enron ini.

  1. Dalam  keadaan apa perusahaan audit harus memusnahkan atau menghancurkan kertas kerja audit?

Jawab  :

Sesuai dengan peraturan sebagai seorang auditor harus menjaga semua dokumen-dokumen sampai 5 tahun. Apabila sudah 5 tahun, barulah dokumen tersebut dapat dimusnahkan atau dihancurkan.

  1. Jawablab pertanyaan – pertanyaan yang ada dalam bagian “Pertanyaan Tersisa” yang dibahas dalam kasus etika ini, Masalah Arthur Andersen.

Jawab  :

Seharusnya dengan adanya kasus Arthur Andersen ini menjadi pelajaran bagi KAP lain untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Karena apabila terjadi kembali masalah AA ini pada KAP lain otomatis masyarakat akan tidak percaya lagi pada KAP tersebut bahkan mungkin akan menghakimi sendiri status seorang auditor itu sendiri. Dan otomatis KAP Big 4 itu akan hilang. Namun apabila masalah AA dijadikan sebagai bahan pelajaran dan pembatas untuk berbuat menyimpang. KAP lain mampu bertahan dan memberikan yang terbaik untuk kliennya. Dari masalah AA ini yang sudah sampai ke pengadilan tentu saja akan menyeret semua pihak yang bersangkutan, sedikit demi sedikit akan terungkap siapa-siapa saja yang bersalah dan harus bertanggung jawab. Semoga dengan adanya masalah ini tidak terjadi tragedi lain.

Indri Ramadia

23210541 / 4EB07

Kelompok 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s