PROSPEK INVESTASI DI INDONESIA

Posted: Juli 1, 2012 in Uncategorized

Peluang investasi di Indonesia sangatlah menjanjikan hal ini dapat kita lihat dari angka pertumbuhan Indonesia yang mencapai lebih dari 6%. Indonesia adalah Negara yang kaya, kaya akan sumber daya alamnya  dan kaya anak sumber daya manusianya.

Indonesia banyak menyimpan potensi pertumbuhan di antaranya

  1. Sektor konsumsi
  2. Sektor infrastruktur
  3. Sektor SDA, dan masih banyak lagi

      

Contoh prospek investasi dalam bidang konsumsi

orang Indonesia hanya mengkonsumsi 7 kilogram daging per kapita per tahun. Jumlah yang sangat sedikit dibandingkan dengan orang Malaysia yang menghabiskan 47 kilogram daging per kapita per tahun.

 

Contoh prospek investasi dalam bidang infrasruktur

Indonesia sesungguhnya membutuhkan begitu banyak investasi baru mengingat dengan pertumbuhan yang makin mendesak seperti sekarang, Indonesia membutuhkan tambahan tenaga listrik hingga 25.000 Megawatt pada 2020 di mana separuhnya harus datang dari energi terbarukan. Serta 10.000 kilometer tambahan jalan dalam, serta bandara baru, pelabuhan, dan keretaapi.

Contoh prospek investasi dalam bidang SDA

Indonesia mempunyai SDA yang melimpah seperti minyak bumi, emas, batu bara yang jika Negara – Negara dapat membantu mengolah SDA yang ada dalam bentuk investasi maka SDA tersebut dapat termanfaatkan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang.

Untuk membuat prospek investasi Indonesia tetap maju, maka sebaiknya pemerintah harus mampu memadukan kapasitas dan keunggulan  Indonesia, dnegan peluang yang ada, serta dengan terus menyadari perubahan yang sedang terjadi.

Sejauh ini, pemerintah melalui BKPM berusahan untuk menyelesaikan beragam permasalahan praktis yang terjadi di lapangan seperti rumit dan lamanya proses persetujuan izin investasi, menyamakan pelakuan terhadap investor asing dan domestik, dilanjutkan dengan meningkatkan kejelasan peraturan investasi di Indonesia.

Melaui konsep “From ed tape to red carpet”, pemerintah setidaknya berhasil menyakinkan investor bahwa Indonesia adalah Negara yang serius dan proinvestasi.

 

 

Sumber :

  1. http://kanaka.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=68%3Amemastikan-prospek-investasi-2009-tetap-cerah&catid=46%3Aadvisory&Itemid=6
  2. http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/22/328015/4/2/Wapres-Paparkan-Potensi-Investasi-di-Pertemuan-Alumni

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s