TIPS PENTING DALAM MEMASAK

Posted: April 29, 2012 in Uncategorized
  • Menggoreng menggunakan minyak atau lemak dingin

Pastikan saat menggoreng sesuatu, anda menggunakan minyak atau lemak yang sudah panas, jangan memasukkan bahan ke dalam minyak yang masih dingin. Karena minyak atau lemak akan terserap lebih banyak kedalam bahan makanan. Makananpun menjadi lebih berminyak dan matang lebih lama.

 

  • Merebus pasta dengan minyak

Dalam petunjuk yang tertulis di bungkusnya, agar lebih kenyal pasta di rebus sambil ditetesi minyak. Padahal menambahkan minyak akan menutup serat pasta yang mengakibatkan saus tidak tercampur dengan baik.

Hindari pula menambahkan margarin, Karena bisa membuat pasta terselimuti lemak ketika dingin dan alhasil rasanya pun menjadi aneh.

 

Solusinya, rebus pasta dalam air mendidih, tiriskan ketika pasta matang dengan tingkat kematangan yang sempurna. Tambahkan saus saat pasta masih panas. Dan hasilnya pun tekstur pasta akan menjadi lebih baik.

 

  • Merebus telur dalam iar mendidih

Memasukkan telur dalam air mendidih tidak mempercepat proses pematangan. Yang ada justru telur akan meletus, sehingga sebagian putih teluh terburai.

Tapi tapi jika sudah terlanjur memasukkan telur dalam air mendidih, segera kecilkan api.

 

 Pastikan suhunya turun perlahan, sehingga tidak semua telur rusak.

Untuk hasil terbaik rebuslah saat air masih dalam suhu normal. Jaga agar api tetap sedang, sehingga telur matang sempurna.

 

  • Terburu – buru mematangkan bawang Bombay

Menggoreng bawang bombay dengan api besar akan menjadikan bawah bombay yang coklat dan cenderung pahit. Aromanyapun masih langu. Untuk mendapat bawang bombay tumis yang sempurna, gorenglah dengan minyak yang bersuhu rendah.

 

  • Memasak langsung dagingdari kulkas

Daging yang masih dingin dan beku sebaiknya jangan langsung dimasak. Jika dipaksakan, daging hanya matang di bagian luarnya saja, tapi emntah di dalam.

Solusi terbaik, keluarkan daging dalam freezer, biarkan dalam suhu ruangan sekitar 25 hingga 30 menit atau sampai es yang menempel did aging hilang dan teksturnya lunak seperti daging segar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s