Carut – marut penegakkan hukum di Indonesia

Posted: Maret 25, 2012 in Uncategorized

PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA

Penegakan hukum di Indonesia menurut pandangan saya, masih sangat buruk dan masih perlu di perbaiki agar penegakan hukum di Indonesia bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Saya berpendapat penegakan hukum di Indonesia masih sangat buruk karena masih banyak terjadi kecurangan – kecurangan yang terjadi di badan hukum Indonesia.

sebagai contoh :

  1. Kasus pertama

Anggota partai Demokrat yang berinisial “AU” yang jelas – jelas dia terbukti bersalah karena melakukan tindakan korupsi yang menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi Negara. Pada kasus ini proses penyelidikan hanya di lakukan pada saat munculnya bukti – bukti tindakan korupsi yang di alami oleh AU. Sedangkan pada akhir – akhir ini proses penyelidikan terhenti begitu saja dan seakan tidak terjadi apa – apa dan menghilang begitu saja.

Tindakan ini menyebabkan kita berfikir ada apa dengan kasus AU yang menghilang begitu saja ? hal ini dapat terjadi kemungkinan besar karena pada saat proses penyelidikan yang di lakukan oleh pihak KPK dan kepolisian di hentikan oleh adanya suap – menyuap pihak AU dengan pihak yang bersangkutan yang menangani proses penyelidikan. Suap – menyuap yang dilakukan oleh petinggi negara seperti AU adalah hal yang biasa terjadi dan seakan hukum di Negara kita ini dapat di perjual belikan. Sedangkan jika kita lihat proses hukum pada seorang wanita yang menjadi tersangka dengan kasus mencuri beberapa makanan di warung karena alasan kesulitan ekonomi, itu sangat jauh berbeda.

Mengapa proses penyelidikan kasus wanita tersebut cepat di selesaikan dan wanita tersebut di jatuhkan hukuman yang menurut saya lebih berat dari pada para petinggi Negara yang melakukan tindakan korupsi dan sebagainya ? inilah bentuk ketidak adilan yang terjadi oleh pihak yang mengurus tindakan kriminalitas dan hukum di Indonesia. Contohnya petinggi – petinggi Negara yang memberikan sejumlah uang untuk menghentikan proses penyelidikan yang sedang berlangsung. Dan karena masih banyak pihak yang dapat dibujuk dan di suap dengan sejumlah uang untuk menghentikan proses penyelidikan yang sedang berlangsung. Maka proses penyelidikan akan terhambat dan tidak akan berjalan sempurna. Karena alasan itulah masih banyak pihak – pihak yang menegakan hukum tidak sebagaimana mestinya. Lain hal dengan proses penyelidikan yang dialami oleh masyarakat kalangan kebawah yang di jatuhkan hukuman sebagaimana mestinya karena tidak ada uang untuk mehentikan proses hukum yang sedang berjalan. Jika dilihat dari kasus tersebut kita dapat menyimpulkan bagaimana pihak yang di percaya oleh warga Negara Indonesia untuk menegakkan hukum dengan seadil – adilnya malah bertindak jauh dari keadilan yang sesungguhnya kita harapkan.

 

  1. Kasus kedua

berkaitan dengan pajak yang selama ini ditetapkan oleh pemerintah, banyak sekali yang menurut saya menemui kejanggalan. Mengapa bisa dikatakan seperti itu ? hampir disetiap aktifitas yang kita lakukan kita membayar pajak.

Contonya : jika kita memesan makanan di suatu restoran pada saat kita hendak membayar di struk pembayaran pasti tertulis pajak 10% dari total harga semua makanan yang kita pesan, jika kita berbelanja kebutuhan pokok di suatu pusat perbelanjaan maka total pembelanjaan kita akan di kenakan pajak. Dan sebagai warga Negara yang baik maka kita wajib membayarnya. Tetapi apakah semua warga negera Indonesia seperti itu ? tentu saja tidak coba kita lihat banyak anak perusahaan miliki Bakrie Land yang menunggak pajak. Mengapa bisa terjadi ? mungkin mereka menganggap pajak dari pendapatan yang mereka peroleh terlalu besar jumlahnya.

Kasus ini tidak tercium sampai ke publik. Karena pihak Bakrie Land sengaja memberi aliran dana kepada pihak yang menangani pajak Negara agar kasus ini tidak berlanjut kemeja hukum. Hal ini sungguh tidak adil karena ada UU yang mengatur tentang perpajakan. Dan harus di tempuh dengan hukum jika ada yang melanggar UU tentang perpajakan tersebut sebagaimana yang dilakuan oleh banyak anak perusahaan milik Bakrie Land. Tetapi kenyataannya berbeda karena proses hukum akibat pelanggaran undang –undang tentang pelanggaran perpajakan tidak berjalan sempurna karena terhenti dengan adanya penyuapan yang terjadi antara pihak Bakrie land dan penyidik.

Sungguh buruk penegakan hukum di Indonesia ang tidak apat berjalan sebagaimana mestinya karena masih ada oknum atau pihak – pihak dari dalam tubuh penyidik yang masih dapat disuap. Dan jika kita lihat dari sisi yang berbeda di dalam pihak yang menyalurkan dana pajak masih banyak yang menyelundupkan dana pajak dan memasukkannya ke dalam dana pribadi hal ini yang menyebabkan tidak dapat terlaksana kehidupan yang makmur dan sejahtera di Indonesia.

 

  1. Kasus ketiga

Kasus ini membahas tentang wanita yang bernama Afriani yang ditanggap karena mengemudikan kendaraan dibawa pengaruh obat – obatan terlarang, tidak memiliki SIM, dan menghilangkan banyak nyawa. Pada kasus Afriani penyidik hanya memvonis kurungan penjara yang tidak cukup lama dan tidak setimpal kepada Afriani. Jelas kita ketahui banyak pelanggaran yang di lakukan oleh Afriani yang dapat menjeratnya ke dalam pasal berlapis. Tetapi penyidik seolah tidak bertindak dengan adil dan semestinya pada kasus Afriani. Mengapa hal ini dapat terjadi ? apakah penyidik tidak melihat masih banyak pelanggaran yang dilakukan Afriani dan dapat di jerat dengan pasal berlapis.

Sebagai oknum yang di percaya masyarakat bertugaslah sebagaimana mestinya agar tidak terjadi kecurangan dan dapat menciptakan keadialan yang sebenar – benarnya. Karena jika Kasus Afriani tidak ditanganin dengan tegas apakah kasus tersebut dapat berjalan dengan baik ? jika kasus Afriani dapat di selesaikan dengan baik maka hukuman yang di jatuhkan kepada Afriani sesuai dengan kesalahan yang dia perbuat.  

      

Dari ketiga contoh kasus beserta alasan – alasan yang ada kita dapat menyimpulkan bagaimana lemahnya penegakkan hukum di Indonesia.  Dan jika Negara Indonesia ingin maju dan mejadi Negara yang aman dan tentram. Maka pihak yang diberi kewenangan untuk mengurus masalah dalam penegakkan hukum di Indonesia harus bersih dari tindakan suap – menyuap. Agar setiap warga negara yang melanggar hukum di Indonesia dapat di proses sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s