tips cara belajar yang efektif

Posted: April 10, 2011 in Uncategorized

Menurut sebagian orang belajar adalah sesuatu hal menjenuhkan dan menjemukan. Hal itu sebenarnya wajar. Karena kita tahulah banyak pelajar-pelajar kita yang memang tidak doyan belajar. Maunya serba instan. Nilai instan, belajar instan, mungkin keseringan makan mie instan kali, hehehehe.

Ironis memang, jika memandang sepak terjang para pelajar kita yang semuanya pingin instan. Jika terus-terus begini, jangan harap Indonesia dapat meraih kemajuan. Lha wong generasinya saja malas belajar. Tanpa basa basi dah, ini ane kasih beberpaa tips agar belajar asyik dan tidak melulu ngantuk saat memandang buku.

1. Kebanyakan keluhan belajar karena setiap kali melihat buku mengantuk. Atau durasi belajar singkat dikarenakan tidak kuat menahan kantuk. Hal ini dikarenakan kita jarang sekali berolahraga. Jarang sekali mengeluarkan keringat saat sore harinya. Ini dikarenakan toksin-toksin (racun) di dalam tubuh kita tidak terbakar tetapi makin menumpuk. BEROLAHRAGALAH atau SETIDAKNYA MENGELUARKAN KERINGAT DI SORE HARI SUPAYA RACUN DI DALAM TUBUH TERBAKAR. Dan malam harinya insyaAllah, ketika belajar tidak akan merasa kantuk lagi.

2. Jika masih saja merasa mengantuk ketika belajar. Meski sudah melakukan tips pertama. RUBAHLAH POSISI DUDUK BELAJAR. Posisi duduk ini bisa arahnya. Tergantung kreativitas kalian masing-masing. Mencoba belajar di tempat baru juga boleh.

3. Untuk sebagian orang, belajar mendnegarkan music semakin menambah semangat dalam melahap materi buku. Tetapi ada juga yang belajar membutuhkan keadaan yang sepi dan sunyi. Jika kalian suka mendengarkan music sambil belajar, it’s ok. Tetapi jika tidak suka, it’s ok juga. Intinya, DALAM BELAJAR BERILAH MOTIVASI KEPADA DIRI SENDIRI DENGAN HAL-HAL YANG KITA SUKAI.

4. Jikalau masih juga mengantuk dalam belajar. Agaknya tips pertama dan kedua gagal. Lakukan tips selanjutnya. SEBELUM BELAJAR BER-WUDLU-LAH (bagi yang muslim). Bila nonmuslim cukup membasuh muka dengan air dingin, setelah itu lanjutkan belajar.

5. Kebanyakan orang membuang waktunya saat buang ari besar di kamar mandi. Entah itu hanya bengong atau berpikiran jorok (ngeres). Daripada membuang waktu percuma mending digunakan untuk baca-baca materi pelajaran yang ringan-ringan saja. GUNAKAN WAKTU DI KAMAR MANDI (BAB) UNTUK BACA BUKU.

6. Sebenarnya belajar tidak harus beberapa jam penuh. BACALAH MATERI PELAJARAN 30 MENIT DALAM SEHARI. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali, sesuai selera. Intinya kita tidak perlu memforsir tubuh ini untuk belajar 5 jam misalnya.

7. Belajar tidak melulu harus berkelompok. Bukan berarti aku tidak suka belajar kelompok. Menurut saya belajar dnegan banyak orang (di luar jam sekolah) malah membuat artian belajar itu kabur. Bagaimana tidak kebanyakan dari mereka akan berbicara sendiri atau mencari lawan bicara untuk membahas hal lain diluar materi pelajaran. BELAJAR SENDIRI ATAU MAKSIMAL DUA ORANG MALAH LEBIH EFEKTIF. Tetapi jika kita tidak tahu, jangan pernah malu atau takut bertanya ke yang lebih ahli (pintar).

Belajar sebenarnya mengasyikan. Jika kita bisa menyiasatinya dengan baik dan benar. Tidak ada di dunia ini, jika kita belajar makin bodoh. Yang benar malah, jika kita tidak belajar, malah membuat kita tidak tahu wawasan baru dan informasi up date. Dan yang perlu digarisbawahi juga, kita belajar setiap detik, manit, jam, hari dan seterusnya. Belajar tidak melulu di bangku sekolah atau perguruan tinggi. Kita hidup ini sebenarnya juga rangkaian belajar. Camkan juga dalam pikiran kalian masing-masing, bahwa belajar itu menyenangkan bukan menjemukan apalagi membosankan.
Sumber: Tips Cara Belajar Yang Efektif http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2122546-tips-cara-belajar-yang-efektif/#ixzz1J82EdKnR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s