BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

Posted: Februari 11, 2011 in Uncategorized

Badan usaha adalah kesatuan yuridis dan ekonomis dari faktor – faktor produksi yang bertujuan mencari laba atau memberi pelayanan kepada masyarakat.

Perbedaan badan usaha dengan perusahaan yaitu, badan usaha merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis dari faktor – faktor produksi yang bertujuan mencari laba atau memberi layanan kepada masyarakat serta mempunyai bagian – bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan perusahaan merupakan kesatuan teknis dalam produksi yang tujuannya menghasilkan barang dan jasa.

Pengelompokan badan usaha berdasarkan kegiatan yang dilakukan

1.    Badan usaha yang bergerak di bidang ekstraktif

2.    Badan usaha yang bergerak di bidang agraris

3.    Badan usaha yang bergerak di bidang industri

4.    Badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan

5.    Badan usaha yang bergerak di bidang jasa

Pengelompokan badan usaha berdasarkan kepemilikan modal

1.    Badan usaha milik swasta

2.    Badan usaha milik negara

3.    Badan usaha milik daerah

4.    Badan usaha campuran

Pengelompokan badan usaha berdasarkan wilayah negara

1.    Badan usaha penanaman modal dalam negeri

2.    Badan usaha penanaman modal asing

Bentuk – bentuk badan usaha

1.    BUMN (badan usaha milik negara). Berdasarkan UU RI no.19 tahun 2003 tentang BUMN, badan usaha milik negara adalah badan usaha yang seluruhnya atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Maksut dan tujuan pendirian BUMN adalah memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya, mengejar keuntungan,menjadi perintis kegiatan – kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi. Jenis – jenis BUMN yaitu persero dan perum. Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham ang seluruh atau paling sedikit 51% sahamnya dimiliki oleh negara republik indonesia ang tujuan utamanya mengejar keuntungan. Contoh persero yaitu, PT.pertamina, PT.kimia farma,PT.KAI,PT.jamsostek,PT bank BNI, dan PT garuda indonesia. Sedangkan badan usaha umum (perum) adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara dan tidak terbagi atas saham, ayang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyedian barang dan jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus menejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan badan usaha. Contoh perum antara lain, perum damri, perum bulog, peum pegadaian, dan perum peruri. Peran BUMN dalam perekonomian adalah sebagaipenghasil barang dan jasa demi pemenuhan hajat hidup orang banyak,sebagai pelopor dalam sektor – sektor usaha yang belum diminati swasta,pelaksanaan pelayanan publik,pembukaan lapangan kerja,penghasil devisa negara,dll.

2.    BUMS(badan usaha milik swasta). BUMS adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan BUMS adalah mencari keuntungan dan pengembangan modal. Jenis – jenis BUMS adalah badan usaha perorangan, badan usaha persekutuan,dan perseroan terbatas(PT). Badan usaha perorangan adalah badan yang dimiliki oleh satu orang saja. Badan usaha persekutuan adalah badan usaha yang dimiliki oleh beberapa orang. Badan usaha persekutuan bisa berbentuk firma dan CV. Perseroan terbatas(PT) adalah badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang, berbadan hukum, dan modalnya terdiri atas saham – saham. Peran BUMS dalam perekonomian, sebagai mitra BUMN, sebagai penambah produksi nasional,sebagai pembuka kesempatan kerja,sebagai penambah kas negara dan pemacu pendapatan nasional.

3.    Koperasi. Badan usaha yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai herakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Pertimbangan pemilihan bentuk badan usaha

1.    Modal yang di perlukan

2.    Tingkat resiko yang dihadapi

3.    Undang – undang dan peraturan pemerintah

4.    Cara pembagian keuntungan

Fungsi badan usaha

1.    Fungsi komersial. Fungsi komersial badan usaha berkaitan dengan usaha untuk menghasilkan produk yang bermutu dan harga bersaing atau memberi pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.

2.    Fungsi manajemen. Fungsi manajemen ang bisa digunakan untuk mencapai tujuan badan usaha adalahperencanaan,perorganisasian,motivasi, dan pengawasan.

3.    Fungsi operasional.fungsi operasional berkaitan dengan aktivitas badan usaha yang harus bisa mengelola dengan baik unsur personalia,produksi,pemasaran, dan pembelanjaan.

4.    Fungsi sosial. Fungsi sosial badan usaha diperlihatkan dalam kegiatan : penyediaan kesempatan kerja,alih teknologi dan pengetahuan pekerja perusahaan dan perbaikan lingkungan hidup.

 

Sumber :Drs. Alam.s.2006.ekonomi untuk SMA dan MA kelas XII, jakarta : penerbit erlangga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s