TRANSPORTASI CINTA BUMI

Posted: November 26, 2010 in Uncategorized

Sektor transportasi kita lagi di sorot keras, nih ! pasalnya, sektor transportasi, menyumbang sebanyak 92% polusi udara ! waduh, berarti mesti jeli nih, memilih transportasi yang ramah lingkungan. Maka itu, simak ranking kendaraan berikut, dari yang cinta bumi, sampai yang saling berbahaya.

§  Sepeda dan Becak

Hanya satu hal yang menjadi bahan bakar dua kendaraan ini yaitu energi manusia. Ditambah efek menyehatkan kalau kita ikut mencanangkan gerakan bike to school. Serba baik kan ?

§  Delman

Sebenarnya delman adalah sarana transportasi yang cukup cinta bumi. Terlebih lagi, kotoran kuda bisa didaur ulang menjadi pupuk, atau bahan bakar alternatif. Tapi, proses ketika kotoran kuda didaur ulang itulah yang menyumbang polusi. Karena kotoran kuda menghasilkan asap yang banyak ketika dibakar.

§  Pesawat Terbang

Walaupun presentasinya kecil, tapi polusi dari mesin – mesin terbang bisa merusak ozon. Salah satu gas buang pesawat yang lebih berbahaya dibandingkan CFC adalah oksida nitrogen. Ketika oksida nitrogen bergabung dengan sinar ultraviolet, mereka mampu mengurai ozon menjadi oksigen.

Pesawat terbang juga menghasilkan emisi karbon dioksida sebanyak 2% tiap tahunnya. Jangan senang dulu dengan angka kecilnya, karena ini sama dengan 13,5% emisi karbon dioksida dari transportasi lain.

§  Kapal Laut dan Kereta Api

Polusi udara akibat kapal laut, bisa mengakibatkan kematian terhadap warga yang tinggal disekitar pesisir sebanyak 60.000 jiwa. Karena, kapal mengeluarkan belerang 2000 kali lebih berbahaya dibandingkan truk diesel.

Kereta api yang bahan bakar dieselpun nggak kalah berbahayanya. Untungnya, sekarang sudah ada kereta api berbahan bakar hidrokarbon yang lebih ramah lingkungan.

§  Mobil dan Motor

Di tahun 2007, ditemukan fakta bahwa mobil dan motor mengeluarkan 5.480.000 ton karbon per tahun. Sedihnya lagi, banyak kendaraan bermotor yang lalai melakukan uji emisi.

Menurut catatan BPLHD(badan pengelola lingkungan hidup) jakarta, pada tahun 2005, selama 365 hari, terdapat 18 hari yang tidak sehat karena polusi udara. Tahun 2006, jumlahnya melonjak nyaris tiga kali lipat yaitu, 51 hari tidak sehat. Kalau dihitung – hitung, bisa jadi tahun 2010 ini, setiap adalah hari yang tidak sehat ya ?

 

Sumber : majalah GADIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s