MANDI BIJAK DEMI BUMI

Posted: November 26, 2010 in Uncategorized

Benahi bumi harus dimulai dari kegiatan kecil sehari – hari. Salah satunya dengan bijak menggunakan kamar mandi. Mengapa ? karena 45% penggunaan air bersih di Indonesia adalah untuk mandi ! boros banget kan ? maka dari sekarang sebaiknya kita,

§  Gunakan odol, shampo, atau sabun cair secukupnya. Karena ketiga zat pembersih tersebut mengandung deterjen yang bisa mencemari air.

§  Lupakan berendam kalau memang cinta bumi ! tahu nggak, air yang kita pakai buat berendam di bath tub itu menghabiskan 100 liter air bersih ! mulailah menampung air bekas mandi kita di dalam ember , tapi yang tidak tercemar air sabun ya. Gunakan air bekas tersebut untuk menyiram tanaman di halaman. Jika ada kebocoran, tampung dalam ember lalu langsung panggil tukang ledeng untuk membetulkannya.

§  Buang sampah apapun ketempat sampah. Jangan sekali – kali membuang tissue apalagi pembalut kedalam kloset. Karena tissue butuh waktu beberapa hari untuk diuraikan, sedangkan pembalut butuh waktu ratusan tahun. Sampah tersebut juga bisa menyumbat saluran pembuangan yang nantinya, bakal butuh air lebih banyak lagi untuk bisa mengusir mereka.

§  Jangan lupa matikan keran setiap habis mencuci tangan. Karena jumlah air bersih kini semakin sedikit diperkirakan tahun 2025 Indonesia bakal terkena krisis air bersih. Solusi lainnya, tampung air bekas cuci tangan di dalam gayung, lalu tuangkan ke dalam boks toilet sampai penuh. Jadi di saat kita harus mem-flush, nggak perlu mengambil dari air tanah lagi.

§  Setiap habis mandi, langsung jemur handuk hingga kering. Sehingga kita bisa mengganti handuk tiap dua minggu sampai 1 bulan sekali. Ini juga berlaku kalau kita menginap di hotel ya !!! dengan mengurangi pergantian handuk, deterjen yang digunakan untuk mencuci handuk tersebut akan semakin sedikit juga. Detergen mengandung fosfat tinggi menjadi salah satu pemicu pertumbuhan alga dan plankton yang beracun bagi ikan.

§  Matikan lampu kamar mandi jika tidak dipakai. Begitu pula dipagi hari, disaat sinar matahari masih bisa menerangi kamar mandi. Hemat listik di kamar mandi ternyata bisa juga kan ?

§  Mandi pakai shower belum tentu lebih hemat daripada memakai gayung, karena mandi pakai shower selama 5 menit menghabiskan air bersih minimal sebanyak 30 liter. Itu sama dengan mandi menggunakan 30 gayung. Jadi yang benar adalah hemat air plus mengurangi lamanya waktu mandi.

Sumber : majalah gadis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s